Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 26 Mei 2012

Review MV! Super Junior OPERA


Did anyone miss me? Hahahah... Long time no see yah. Last review kalau nggak salah MAMA-nya EXO (yang entah kenapa ini terdengar ambigu) dan sekarang saya kembali dengan sebuah review untuk Music Video/PV--Promotional Video dari Super Junior: OPERA.

Pasti semua udah tau dong kalau lagu ini sebenarnya adalah track kedua di album Mr. Simple Versi A yang kemudian dibuat versi Jepangnya dengan dua track dan dirilis dalam bentuk DVD. Satutrack lainnya judulnya "Way". SM memang nggak pernah berhenti untuk mengeruk kekayaan (itu kalau kaya, tapi kalo nggak kayak jadinya mengeruk ketidakberdayaan) para fans dengan dirilisnya CD-CD yang cuma berisi 1 atau 2 single ini. Hahay~ But yeah, itu yang membuat SM berbeda dari yang lain. Kalau promosinya nggak segencar ini, mungkin sekali keluar album, udah mati karir kali anak-anaknya. Nah, berhubung Super Junior dikabarkan akan comeback summer tahun ini, jadi sebaiknya CD versi Jepang ini dicuekin aja, jangan dibeli, mendingan download deh. Nanti yang dibeli album ke-6 aja. Hahahaha (Jadi inget alesan gue beli Album Mr. Simple Versi A dulu karena kabarnya itu adalah album terakhir Super Junior--ish... kalau gue tahu mereka belom hiatus, mending waktu itu nggak beli deh ya... soalnya pada kenyataannya adalah setelah membeli CD versi A dan Versi B, setelah bungkus dibuka, itu CD berakhir di dalem lemari bagian bawah. Gak guna. hahah... Trus kepikiran juga, nanti di album ke-6, SM ngeluarin isu bubar trus ada lagi yang dagang bilang gini, "Ayo beli, ini album terakhir SUJU..." Semoga tahun ini nggak kemakan janji manis lidah tidak bertulang~)

Seperti yang pernah gue bahas di review History, dan nggak ada salahnya juga kalau diulang lagi disini karena gue yakin akan makan waktu kalau kalian ke review History dulu, hahaha... Opera ini diciptakan liriknya oleh master lain di SM juga yaitu kenzie dengan musik yang digubah olehThomas Troelsen (Hurricane Venus, Run Devil Run, Mirotic, Perfection) dan rekannyaEngelina Larsen (NU ABO). 

Dulu kalau nggak salah gue pernah nge-review Perfection deh yah, dan disitu gue bilang kalau lagu itu mirip banget sama Hurricane Venus. Dan yeah, secara pencipta lagunya memang sama, jadi kalau sekarang gue juga bilang Opera ini mirip sama Perfection juga mungkin nggak salah. Oke, telat mungkin gue komentar kayak gini, karena pas jaman Mr. Simple dulu cuma bahas yang ada MV-nya sih. Jadi karena sekarang keluar PV Opera, jadi disebut sekalian aja kalo mirip :p

Kalau kalian baca postingan di SS4INA waktu itu, gue sempat bilang kalau ini bukanlah lagu yang gue sukain. Memang bener... Alasan kenapa gue nggak begitu suka sama lagu Opera ini mungkin karena waktu itu gue mendengarkannya kayak bukan lagu Super Junior. Dan agak berisik aja sih lagunya, jadi emang rada-rada nggak begitu enak di telinga. Banyak teriakan-teriakan yang diautotuned diantara nyanyian yang bikin agak males mendengarkannya. But anyway, setelah mendengarkan versi Jepang ini, lumayan lah jadi agak-agak lebih tertarik. Mungkin karena tadi nemu lirik bagian depan yang di part-nya Siwon:
"Nante nante kagekina situation.."
  agak-agak mirip sama ini:
"ente ente enggak kenal situation..."
 dan kalau misalnya disuruh milih lebih suka yang versi Jepang atau Korea, kali ini gue prefer Jepang.

Seperti biasa, Super Junior selama dua tahun belakangan ini nggak pernah keluar dengan sebuah  konsep Music Video (atau dalam hal ini Promotional Video) yang bikin mata gue terbelalak.  Berbeda dengan MV EXO misalnya yang ketika pertama debut sudah macem-macem konsep yang ditawarkan terutama MV MAMA. MV dengan konsep paling oke dari Super Junior setelah Don't Don menurut gue cuma No Other. Semua juga udah tahu kali ya bahwa Super Junior memang sepertinya nggak begitu banyak menghabiskan biaya dan menghabiskan efek-efek mahal di MV yang mereka rilis. Kalau mau dipikir-pikir, biaya promosi SJ ini lebih mahal dari MV ataupun PV-nya yah...Tapi sebagai fans, ya memang harus menerima keadaan itu. Karena fans SJ kan sudah loyal, jadi gue rasa nggak ada masalah dengan MV murahan atau yang sebagainya. Walaupun gue pribadi sih pengennya MV yang spektakuler. Setidaknya efek-efeknya menjanjikan gitu dan tidak hanya mengandalkan loyalitas fans dan istilah 'sejelek apapun MV ini fans pasti akan nonton'. Karena kadang-kadang, iri gak sih sama EXO? Ya kaaan... Hahahaha
Nah! Seperti judul album ke-5, Mr. Simple, PV Opera ini juga sangat simple sekali. Kayak yang udah udah, cuma dance di dua background yang berbeda, kemudian shot shot nyanyi masing-masing di CU* atau MCU** atau kadang-kadang MLS***. Seputaran itu doang...

Dari segi kostum, karena judulnya Opera, jadi dibuat ada nuansa topeng-topeng gitu plus jubah alaPhantom of the Opera. Kalau misalnya pas baru mulai MV, pasti berasa kayak lagi ngeliat MV Perfection pas bagian yang background kuning. Maybe its not exactly same, tapi feel-feel Volturi dan Vampir nya berasa banget gak sih? Kkk~ Karena konsepnya emang rada-rada dark-mysterious-om-om-galau-jodoh kali ya, jadi feel yang dikasi agak serupa gitu. Bisa bisa.


Trus pas background-nya tangga-tangga, langsung kebayang Jessica bakalan muncul soalnya set-nya mirip sama Sherlock :p Kalau nggak ngerasa, berarti cuma gue doang. Hahahah Coba aja perhatiin atap kaca-nya, mirip kan? Tangganya sih beda, karena yang Opera satu tangga utama, Sherlock dua tangga utama. Trus juga bagian sisi kiri dan kanan juga agak-agak mirip tuh dengan pintu-gapura-style-like (?) Tapi dua-dua set ini rada-rada mengingatkan gue sama Hogwarts. Di salah satu game Play Station kalau ada yang pernah maen, itu set Opera yang di gambar di bawah, mirip banget sama tangga yang menuju kelas Ramuan-nya Snape. Tapi overall sih memang dua-duanya memberikan nuansa Hogwarts itu.
**

Gue curiga ini jangan-jangan memang dua MV ini disyutingin di waktu yang nggak berjauhan. Kalaupun OPERA yang duluan, berarti setting OPERA dibiarin trus di oles-oles dikit buat jadi Sherlock. Begitupun sebaliknya. Yah walaupun kesannya rada-rada pemalas ya SM :p tapi ambil positifnya aja, bahwa mereka semua saling mendukung. Set bekas gue bisa lo pake. Paling nggak gitu. LOL

Font di akhir PV ini--dooh dari tadi MV PV MV PV jadi labil begini--agak familiar gak sih menurut kalian? Kayaknya bisa ditemuin dimana ajaaa gitu :p Dan pas gue search di google, gue nemu jenis font-nya apa: Quentin (<-- klik untuk download).
*


Kemiripan 97,99% kaaan :D Dari sumber yang gue dapet, font ini sudah ada sejak 24 Oktober 2011, yang artinya memang nggak eksklusif :( Padahal pas Mr. Simple kesannya baru gitu ya efek-efek kontras warna dan font yang pas gue liat itu keliatan asing karena emang baru liat pas disitu aja (atau sebenarnya gue gak update soal ini?) Oke whatever, yang jelas font Opera ini pasaran banget lah istilahnya. Not to mention 12 anak random penjaga pohon kehidupan itu loh ya... bocah-bocah nista...

Ritme lagu masih sama dengan sebelumnya. Dimulai dengan Siwon, dilanjutkan dengan Kyuhyun, diakhiri dengan adegan berdiri berbaris. Oke, let's mengulik MV~~~

#1 Dibuka dengan shot Lampu Gantung Kristal dengan efek perubahan fokus. Kalau gue perhatikan, dari History, MAMA dan kemudian Opera ini, entah kenapa SM selalu membuat efek seperti ini dan itupun lebih dari satu kali. Kadang-kadang jadi kebiasaan juga.

Inget gak efek yang ada di Game & Hurricane Venus-nya BoA, efek kamera muter-muter 360 derajat dengan slow motion, efek ini juga ada di adegan Yesung pas ngasi cincin yang ada balonnya di No Other dan juga ada di Perfection. Terakhir efek ini dipakai The Boys di awal.

Jarak MV-MV itu emang nggak terlalu jauh dan efek yang ada di dalem MV-nya juga mirip-mirip. Gak aneh dong kalo misalnya gue bilang SM kadang-kadang terpaku pada satu konsep efek dan membawa konsep yang sama ke MV lain. Demikian juga dengan adegan fokus-takfokus ini.




#2 Sebelum melebarkan sayap jubahnya, Siwon muncul dengan muka konstipasi diikuti dengan beberapa member menyebar dari balik punggungnya. Di belakangnya ada Leeteuk dengan kalung yang please banget kayaknya itu lebih cocok buat nenek-nenek 78 tahun yang masih suka dandan menor gitu. Dan gue gak menyarankan siapapun untuk membuat kalung seperti kalung yang dipakai Leeteuk ini kecuali dia memang berniat menjadi sasaran rampok. Walaupun demikian, kalung ini lebih punya harga diri dibandingkan dengan kalung Yesung dan Suho di MV Mr. Simple dan MAMA. Tali jemuran -__- Di detik-detik awal ini juga masih tetep dengan efek fokus-takfokus.



Kalau misalnya kalung itu terbuat dari mutiara asli, mungkin setelah syuting ini bisa di donasikan ke kaum dhuafa. Lumayan tuh besok buat acara buka puasa bersama anak Yatim dan tidak mampu bisa ngasi makan sampe seratusan orang.


#3 Semua lilin yang ada di samping kanan kamera (kiri Siwon) menyala ketika Siwon menatap ke lilin tersebut. Nggak cuma yang persis di samping Siwon (yang keliatan fokus di kamera) tetapi juga yang ada di belakang, deket jendela-jendela itu. Tangan kanan Siwon yang megang Topeng itu sebenarnya buat gaya-gayaan atau diperban sih? Gue kok ngeliat kayak di perban ya? Trus entah ini kebetulan atau nggak (tapi kayaknya sih nggak ada yang kebetulan), tapi ada miniatur Kuda di situ. Pasti semua tahu dong Siwon selama ini sangat identik dengan Kuda.


Anyway, kemampuan menyalakan api tanpa perintah ini semacem gabungan antara Kris-Chanyeol dan Luhan. Just saying.
*
#4 Cincin Siwon di detik 00:18 dan di menit selanjutnya yang juga menggunakan shot ini terlihat sama dengan cincin yang dipakai Ryeowook di 01:28.


#5 Dari jarak terjauh kamera di detik 00:08, ada 6 pilar dan 8 ornamen lingkaran di langit-langit. 8+6 = 14. 1+4 = 5. Album Mr. Simple adalah album ke 5 SUJU. Hahahahahah #terserahlodehron

#6 Perhatiin di detik 00:14. Kalau tadi ada KUDA, sekadang di cincin yang dipakai Siwon ada SINGA. Kalau nggak salah, Siwon juga di juluki Simba kan ya? Duh nggak ngerti lagi deh gue kenapa semua isi kebun binatang ini ada di Siwon.



#7 Tinggi lilin yang waktu Siwon menyalakannya hanya dengan tatapan di detik 00:16 dengan adegan selanjutnya di detik 00:26 berbeda. Kalau misalnya panjang duluan sih gapapa, kesannya kan selama sepuluh detik lilin mencair jadi memendek. Tapi ini, di detik awal, lilin lebih pendek dari pada di detik berikutnya. Jadi sebenarnya Siwon mungkin punya kekuatan reverse yah. Lilin yang dibakar bukannya tambah pendek malah tambah panjang. *prok prok prok* *akhirnya dia punya kekuatan dan nggak cuma jablay* *yay*


#8 Kembali dengan efek takfokus-fokus di detik 00:26 waktu Kyuhyun mulai nyanyi. Detik 00:36, perhatiin cincinnya Leeteuk deh. Mirip cross-sign dengan 8 titik.
*

Dan cincin yang sama dipakai Kyuhyun di 01:10. What the hell... kenapa jadi tuker-tukeran cincin begini? Hahahah Berasa tunangan.


#9 Gue tahu Eunhyuk itu cengeng. Tapi plis jangan sampai nangis berlebihan kalo lo nggak mau air mata lo sampai berkerak kayak gini.
*


#10 Gue tadi ngirain itu cincin yang sama dengan cincin yang di pakai Siwon (yang Singa), tapi Donghae kayaknya make cincin yang berbentuk semacem Voldemort kecebur di emas cair lalu mengeras deh ini... Anyway, cuma gue atau memang di PV ini Donghae masih sangat kental dengan image Bu Po Shang? Gue ngeliatnya dari awal nonton sampai sejuta kali nonton hari ini, tetep aja yang kebayang Bu Po Shang. Hahaha


#11 Ada jam kecil di deket Yesung di 01:13 yang menunjukkan (kayaknya, sepengelihatan gue) jam 07:20. Bener gak tuh? Atau sekarang selain buta hati buta jiwa buta SJ gue juga buta mata jam? :p Coba kita tanya Tao... *telpon Tao* *salah sambung, nyambung rumah sakit jiwa*



#12 Bintang ini entah kenapa hanya keliatan kalau dari angle ini, dan kalau misalnya dari deket nggak keliatan :) Cek 01:44 dan liat shot bagian itu kalau misalnya dari angle dekat. Kalau gue ngeliatnya dari deket lebih dominan ke bentuk bunga-nya. Bukan bentuk bintangnya.



#13 01:55, nggak sampai sedetik, sepersekian detik, karena masih di detik yang sama. Di shot pertama Leeteuk menghadap ke depan, tapi masih di detik yang sama di shot yang berbeda, Leeteuk udah pindah arah pandang.
*

#14 Di adegan Siwon masang topeng di 02:27, sebenarnya sih gesture sama gayanya udah oke. Tapi sayangnya, posisi Kamera dan posisi Siwon yang seperti itu membuat Topeng itu terlihat kayak nggak pas. Bandingin sama kalau misalnya kamera dari depan pas Sungmin (beberapa framesetelahnya), Topeng Sungmin terlihat mantap gitu di mukanya. Tapi Siwon kayak salah pake, trus nggak dikasi kesempatan beberapa frame lagi buat ngebenerin topengnya :( Kesannya kayak mata Siwon dimana, bolongan mata topeng dimana gitu.



#15 Adegan berefek bagus sih, tapi agak aneh. 02:40 sampai 02:42. Perhatiin Siwon-Yesung. Awalnya mereka berdua ada disitu. Kemudian Yesung hilang. Pas pindah posisi kamera, Siwon yang tadinya ada disitu dari awal malah dibikin muncul lagi dengan efek yang sama kayak hilangnya Yesung sementara Yesung tetep ilang nggak balik-balik. Got my point right? Siwon yang sejak awal udah ada, kenapa ada efek memunculkan Siwon lagi padahal dia udah ada disitu sejak awal. *buset* *bunuh gue* *kalimat macam apa ini*


#16 Masih di rangkaian sequence yang sama. Yesung kan tadi ngilang kan (02:41) dan belum ada visualisasi dia muncul lagi di detik setelah itu, tapi di shot berikutnya (02:44), Yesung seolah-olah masih ada disitu dan belum menghilang, dan justru kesannya dia baru menghilang di detik itu bukan detik sebelumnya (02:44 bukan di 02:41) dan kembali muncul setelah menghilang 2 kali tanpa ada visualisasi dia kembali dari menghilang di detik 02:45. Mungkin ini memang nggak masalah, tapi menurut gue ini aneh. Kalo misalnya dia dari awal sudah menghilang, harusnya ada shot yang menunjukkan dia balik lagi sebelum akhirnya menghilang lagi. Kalimat sederhananyalabil, begitu. Atau jangan-jangan dia kerasukan Kai? Whatever ron...


#17
 Ngomong-ngomong soal Topeng, MV bertopeng juga pernah dibuat SM di SHINee Juliette. Walaupun Topeng SHINee waktu itu keliatan kayak Robot Transformers dan sebenarnya itu juga semacem kacamata yang di modifikasi, cuma topeng yang dipakai Krystal itu hampir setipe sama topeng di Opera ini :) Bahkan di gambar ini topengnya keliatan sama :p
*

#18 Gerakan dance yang paling gue suka di OPERA ini adalah gerakan malu-malu-ngelambai-minta-tolong :D
*


#19 Di detik 00:26, ada 3 topeng terlihat, satu di pegang Siwon, yang lainnya ada di meja. Topeng yang posisinya diatas topeng yang lainnya, masih ada sampai adegan Kyuhyun di 00:34.

Di 00:52, shot Donghae, topeng yang ada di shot Kyuhyun tetep ada, trus topeng yang lain ada di atas kursi yang tadi di dudukin Siwon.

Shot yesung di 01:12 juga ada topeng di belakang jam meja yang tadi gue tulis di poin sebelumnya. Kayaknya sih itu juga topeng yang sama yang muncul di Siwon, Kyuhyun dan Donghae.

Kalau tadi di 00:52, posisi topeng ada di sebelah kanan kamera (sebelah kiri Donghae), di 01:22 ada satu topeng lagi di sebelah kiri kamera (di sebelah kanan Donghae).

Gue bukan Kyu-Min shipper yah, tapi kenyataannya Kyuhyun dan Sungmin pake topeng dengan warna senada di MV ini... kkk~

#20 Trus itu apa maksudnya Siwon pake baju nutupin leher pas duduk di atas tangga di 01:33? Biar gak masuk angin? Halah~ biasa juga jablay gak pake apa-apa... hahahahaha

Well, you guys should find another fun things in this PV :D Seru loh kalau misalnya kita nggak cuma sekedar menikmati siapa yang ada di PV-nya tapi justru melihat hal-hal lain kayak misalnya tembok, lantai, atau jendela atau mungkin langit-langit. Banyak yang tanya sama gue di twitter, gimana sih caranya biar bisa ngeliat detail kayak gitu? Sebenarnya nggak ada cara khusus ataupun istimewa untuk ini. Gue yakin sebagai fans kalian mungkin menonton MV ini lebih sering daripada gue. Nah, mungkin bedanya ya itu tadi, kalau gue, pertama kali nonton ngeliat MVnya dari depan. Menikmati performance-nya. Nah kalau kali kedua nonton, gue coba untuk memperhatikan hanya sebelah kiri kamera, kali ketika hanya sebelah kanan kamera, menonton keempat gue ngeliat bagian atas, nonton kelima ngeliat bagian bawah. Enam kali, udah mulai ngeliatin satu-satu membernya, jadi ke tujuh-empat belas, masing-masing member dapat giliran diliatin satu-satu. Kalau merasa ingin lebih detail, coba aja nonton lagi, ke-15 kali mungkin merhatiin dinding atau lilin-lilinnya doang... hehehe

Seru kali ya kalau nanti gue bikin kompetisi nge-review MV. Wwkwkwk... hadiahnya harus seru nih. Kayak satu buah gambar sepeda motor misalnya. Hahahaha

Have a nice Tuesday everybody :D

WE ARE WON!

Catatan:
*CU = Close Up (shot yang menampilkan bahu sampai atas kepala)
**MCU = Medium Close Up (shot amat dekat, obyek diperlihatkan dari bagian dada sampai atas kepala)
***MLS = Medium Long Shot ( shot yang menyajikan bidang pandangan objek manusia ditampilkan dari atas lutut sampai atas kepala)

@ronzzykevin

0 comments:

Posting Komentar